Rabu, 23 November 2016

Tokopedia VS Bukalapak, Seluruh Perbandingan yang Perlu Kamu Ketahui!



Zaman sekarang kegiatan berbelanja menjadi jauh lebih mudah. Kita tidak perlu lagi berjalan kaki ke pasar atau supermarket. Kita tinggal duduk manis di depan laptop, sambungkan dengan internet, kemudian kita bisa berbelanja apa saja melalui situs jual beli online. Ada banyak situs jual beli online saat ini misalnya, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli, dll. Kita hanya tinggal menentukan barang apa yang akan kita beli kemudian kita cari situs yang menyediakan promo dengan harga menarik. Transaksijuga lebih mudah dengan internet banking kemudian kalian tinggal menunggu barang yang kalian beli diantar menggunakan kurir.
Melihat ada banyak sekali jumlah situs jual beli online saat ini tentu saja kita harus pandai memilih situs mana yang akan kita gunakan sebagai perantara kita dengan para penjual. Bukan hanya pertimbangan soal harga yang ditawarkan, tetapi juga pertimbangan soal keamanan bertransaksi.

Tokopedia VS Bukalapak

Tokopedia dan Bukalapak adalah nama-nama situs e-commerce yang sudah sangat besar di Indonesia. Banyak sekali orang-orang yang bertransaksi di sini, mungkin kalian juga adalah salah satunya. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.
Nah, agar kalian bisa menentukan akan berbelanja lewat situs mana, untuk itu berikut ini kita akan melihat perbandingan kelebihan dan kekurangan antara situs jual beli Tokopedia dengan Bukalapak.

Kelebihan dan Kekurangan Tokopedia & Bukalapak

  • Barang yang dijual
tokpedbukalapk1
Tokopedia dan Bukalapak sebenarnya adalah dua jenis e-commerce yang sama. Keduanya menjadi "mal digital" di mana setiap orang bisa membuka kiosnya di sana. Varian barang dan produk yang ditawarkan juga bermacam-macam. Sejauh pengalaman penulis menjelajahi kedua situs ini, Tokopedia lebih banyak menawarkan barang-barang yang banyak kita temui di pasar. Misalnya barang-barang elektronik maupun peralatan rumah tangga. Sedangkan Bukalapak banyak menawarkan barang-barang unik seperti batu akikbahkan onderdil sepeda dan penjualnya pun sebagian besar adalah UKM (Usaha Kecil dan Menengah).
  • Metode Pembayaran
tokpedbukalapk2
Sebagai pelaku e-commerce, keduanya tentu harus menyediakan metode pembayaran yang lengkap untuk berbagai pengguna rekening bank. Pada awalnya kedua e-commerce ini tidak mendukung pembayaran kartu kredit. Tapi seiring dengan bertambahnya jumlah transaksi, keduanya kemudian menambahkan layanan kartu kredit pada cara pembayaran. Tokopedia melayani pembayaran dengan mandiri clickpay, e-cash mandiri, Klikpay BCA, transfer manual bank, dan saldo Tokopedia. Sedangkan Bukalapak menerima pembayaran dengan mandiri clickpay, Klikpay BCA, Cimbclicks Niaga, Transfer manual bank, dan buka dompet (saldo Bukalapak).
  • Keamanan Transaksi
tokpedbukalapk3
Pada awalnya Bukalapak lebih unggul karena adanya indikator reputasi penjual terpercaya yaitu dengan jumlahfeedback dan presentase keberhasilan transaksi. Namun kemudian Tokopedia juga memiliki penanda apakah penjual tersebut terpercaya atau tidak yaitu dengan rating 5 bintang pada masing-masing penjual. 1 bintang artinya kurang terpercaya, sedangkan 5 bintang artinya sangat dipercaya. Semua indikator tersebut tentu saja diberikan oleh para pembeli setelah transaksi mereka berhasil.
  • Notifikasi Transaksi
tokpedbukalapk4
Pemberitahuan atau notifikasi saat transaksi tentu menjadi hal yang penting untuk melihat apakah proses pembelian yang kita lakukan berhasil atau tidak. Kedua pelaku e-commerce ini memiliki notifikasi yang hampir sama. Setiap proses transaksi diinformasikan melalui email.
  • Tampilan Website
tokpedbukalpk5
Tokopedia dan Bukalapak juga mempunyai navigasi yang serupa. Perbedaannya, Tokopedia dengan warna hijau yang dominan menempatkan pilihan kategori benda pada bagian tengah setelah banner. Sedangkan pilihan kategori di Bukalapak ditempatkan pada bagian atas. Sehingga kalian bisa langsung memilih kategori apa saja yang kalian cari.
  • Reputasi
tokpedbukalapk6
Tokopedia memang lahir lebih dahulu sebelum Bukalapak. Namun bukan berarti dengan begitu Tokopedia menjadi jauh lebih baik dari Bukalapak. Masing-masing tentu memiliki reputasi tertentu di mata para penggunanya. Memang reputasi ini bukan sepenuhnya berasal dari Tokopedia dan Bukalapak melainkan dari para penjualnya. Namun, kedua pihak juga harus bisa memilah penjual mana saja yang memang pantas untuk berjualan di platform masing-masing. Baik Tokopedia maupun Bukalapak telah banyak melakukan seleksi dan verifikasi kepada seller sebelum bergabung.
Perbandingan ini bukan untuk melihat siapa yang lebih unggul tapi hanya untuk memberikan referensi pada kalian sehingga bisa memilih sebaiknya akan berbelanja di Tokopedia atau Bukalapak sesuai dengan kebutuhan. Semoga membantu :D

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Tentang kami

Advertise

Popular Posts

Our Team

About me

Contact us

Nama

Email *

Pesan *

Video of the Day

Ditya Nuratmaja

Blogroll

Pinterest

About

Copyright © Citra Khalifah Online | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com